LiuGong Indonesia Customer Day: Creating the Sustainable Future Today


03/01/2024

Mendorong pembangunan yang berkelanjutan di industri alat berat, LiuGong Indonesia memperkenalkan secara resmi beberapa alat berat bertenaga listrik penuh.

LiuGong Indonesia menyelenggarakan acara Customer Day 2023 di fasilitas Aftersales Center Jakarta, yang terletak di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (6/12/2023). Mengusung tema “Creating the Sustainable Future Today”, perusahaan asal Liuzhou, China ini memperkenalkan beberapa produk varian baru yang bertenaga listrik, di samping produk-produk andalan LiuGong lainnya yang mengkonsumsi bahan bakar konvensional (diesel).

Selain tim manajemen PT LiuGong Machinery Indonesia dan perwakilan dari dealer-dealernya bersama dengan lebih dari 400 pelanggan mereka, acara ini dihadiri oleh Zeng Guang’an selaku Chairman & CEO LiuGong, Djauhari Oratmangun (Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia), Yudil Chatim (Atase Budaya Indonesia di Tiongkok), Wu Jinchang (Wakil Direktur Departemen Pendidikan Wilayah Otonom Zhuang Guangxi) serta Cahyo Purnomo (Direktur Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Badan Koordinasi Investasi Nasional Indonesia).

LiuGong merupakan pelopor alat berat Tiongkok di Indonesia. Masuk pertama kali ke Tanah Air pada tahun 2006, dan kemudian mendirikan perusahaan sendiri, PT LiuGong Machinery Indonesia, pada awal tahun 2019, saat ini setelah 17 tahun mengembangkan pasar Indonesia, nilai investasinya mencapai lebih dari USD140 juta. Indonesia, dengan sumber daya alam yang melimpah dan potensi pengembangan ekonomi yang signifikan, merupakan pasar mesin konstruksi terbesar di Asia Tenggara.

“Visi kami adalah menyediakan peralatan terkemuka dan solusi teknologi untuk pelanggan global. Kami yakin bahwa melalui aplikasi dan promosi teknologi pintar dan ramah lingkungan, LiuGong akan lebih memperkuat lini produknya, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta berkontribusi pada pembangunan hijau dan berkelanjutan secara global,” kata Zeng Guang’an ketika membuka acara ini.

Ia melanjutkan, pelanggan-pelanggan dari berbagai industri seperti pertambangan, konstruksi, infrastruktur, agro-forestry dan industrial memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang solusi komprehensif yang ditawarkan LiuGong. Menurut dia, pelanggan-pelanggan di Indonesia memuji kinerja luar biasa dan fitur ramah pengguna dari produk-produk LiuGong.




Zeng Guang’an Chairman & CEO of LiuGong

Selain memamerkan produk dan teknologi baru berdasarkan solusi komprehensif, LiuGong Indonesia juga memanfaatkan kesempatan ini untuk melaporkan perkembangan kerja samanya dengan pasar lokal dan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Seperti diketahui, sejak 2022 PT Liugong Machinery Indonesia menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Jakar (PNJ) untuk pengembangan pendidikan vokasi di bidang alat berat di Indonesia. LiuGong telah menggandeng Liuzhou Vocational & Technical College (LVTC) untuk membuka LiuGong Global Customer Experience Center Indonesia. Dalam kerja sama ini PNJ menyediakan tempat untuk workshop, sementara seluruh peralatan praktik berasal dari LiuGong. Kerja sama tripartit antara PNJ, LiuGong, dan LVTC tersebut bahkan disebut-sebut sebagai salah satu model kerja sama yang ideal dalam pengembangan pendidikan vokasi.

 “Ketika kita berbicara tentang pencapaian kami di pasar Indonesia, hal itu tidak hanya menimbulkan rasa bangga tetapi juga perasaan tanggung jawab yang mendalam yang melampaui pertumbuhan bisnis dan prioritas pelanggan hingga kewajiban lebih luas terhadap komunitas dan lingkungan. LiuGong berpegang teguh pada pengembangan jangka panjang dan berkelanjutan,” komentar Zeng Guang’an mengenai kerja sama LiuGong dengan beberapa perguruan tinggi negeri lokal.

Di Indonesia, lanjut Zeng Guang’an, LiuGong fokus pada pengembangan sumber daya lokal melalui kemitraan dengan lembaga vokasional terkemuka di Tiongkok dan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kerja sama ini bertujuan untuk bersama-sama mengembangkan SDM dengan pengetahuan profesional, keterampilan, dan pemahaman mendalam tentang budaya lokal.


Dalam acara ini, LiuGong Indonesia menandatangani perjanjian kerjasama baru dengan Liuzhou Vocational and Technical College dan Politeknik Negeri Sriwijaya. Inisiatif-inisiatif ini telah menjadi langkah-langkah krusial dan pendorong utama bagi integrasi LiuGong ke dalam pasar lokal, sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja setempat.

Duta besar Indonesia untuk Tiongkok & Mongolia, Djauhari Oratmangun, dalam sambutannya menyatakan bahwa hubungan antara Tiongkok dan Indonesia semakin dalam, dengan perdagangan dan investasi yang terus berkembang. Ia mendorong LiuGong dan investor-investor China lainnya untuk lebih mengembangkan bisnis mereka secara lokal, dan mengedepankan kualitas di Indonesia.

Ia mengatakan, dengan berdirinya PT LiuGong Machinery Indonesia, maka model bisnis LiuGong di sini telah berkembang menjadi pendekatan yang beragam, termasuk kualitas produk, saluran penjualan, dukungan purna jual, dan pengembangan merek yang terus menguat yang meliputi kota-kota penting di seluruh Indonesia, menyajikan produk yang luar biasa, solusi komprehensif, dan layanan unggulan kepada para pelanggan di berbagai industri.

Merayakan ulang tahun yang ke-65 tahun ini, LiuGong memproyeksikan penjualan produk-produknya di Indonesia akan sangat signifikan karena lineup produknya cukup komplit dan sudah menawarkan mesin-mesin yang ramah lingkungan.

Selama acara Customer Day 2023 ini, LiuGong Indonesia meluncurkan berbagai produk baru yang dirancang untuk industri pertambangan, konstruksi, logistik, dan industrial. Adapun produk-produk yang ditampilkan, antara lain, wide body dump truck DW105A-E (elektrik), forklift C35 EJL (elektrik), wheel loader 856H E-Max (elektrik), berbagai model excavator, peralatan material handling 943E, serta  Reach Stacker CLG2450 yang melakukan debut untuk pasar Indonesia. Semua produk tersebut mencerminkan misi LiuGong: Creating the Sustainable Future Today. LiuGong berkomitmen untuk terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia dan meningkatkan investasi di seluruh rantai nilai, termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) serta manufaktur lokal, guna terus menyediakan berbagai produk dan layanan berkualitas tinggi kepada customer di Indonesia.


LiuGong berkomitmen untuk terus memperkuat posisinya di pasar Indonesia dan meningkatkan investasi di seluruh rantai nilai, termasuk penelitian dan pengembangan (R&D) serta manufaktur lokal, guna terus menyediakan berbagai produk dan layanan berkualitas tinggi kepada customer di Indonesia.